oleh

Sulbar Siapkan 5000 Hektare Lahan Sawit Untuk Replanting

MAMUJU – Sekitar 5000 hektare lahan kelapa sawit di Sulawesi Barat (Sulbar) direncanakan akan masuk dalam tahap pertama program Replanting (penanaman kembali) kelapa sawit dari Pemerintah Pusat.

Kepala Bidang Produksi Perkebunan Dinas Pertanian Sulbar, Abd. Waris Bestari mengatakan, saat ini sudah ada 1200 hektare area yang sudah siap di Sulbar.

“Masalah Replanting kelapa sawit, data yang masuk di kita itu sudah kurang lebih 1200 Hektar, yang dimana lebih banyak di Mamuju utara. Target kita untuk replanting tahap pertama itu 5000 hektar,” kata Waris saat ditemui di kantornya, Kamis (7/2/2019).

Baca Juga :

Kedepannya Waris berharap akan ada tambahan lahan yang akan masuk dalam program replanting kelapa sawit ini dengan melihat data lahan yang ada di Sulbar saat ini.

Waris juga berharap program replanting kelapa sawit ini dapat berjalan pada tahun ini, namun hal tersebut juga tergantung dari hail rapat koordinasi nasional (rakornas) Kementerian Pertanian yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan.

“Mudah-mudahan setelah hasil rakornas ini, kami bisa menyampaikan langkah ke depan terkait replanting kelapa sawit ini,” harap Waris.

Karena menurut Waris, akan ada penandatanganan MoU antara Badan Pengelola Keuangan tengtang Peremajaan Kelapa Sawit dengan Koperasi Unit Desa (KUD) atau Gabungan Kelompok Tanu (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Mamuju, Mateng dan Pasangkayu.

“Tiap hektarenya petani akan mendapatkan biaya 25 juta rupiah dan itu gratis, tidak ada pengembalian karena dananya dipotong dari ekspor tiap 50 Dollar,” tutup Waris. (Rjb/IU)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 6 =

News Feed