oleh

Pohon Pustaka Enrekang Tanam Ratusan Pohon di Jalur Pendakian Latimojong

ENREKANG – Pohon Pustaka Enrekang, melakukan penanaman pohon di Jalur baru pendakian Gunung Latimojong, mulai 14 – 15 Maret 2020 kemarin.

Kegiatan ini adalah bagian dari Program One Book One Tree (Satu Buku Satu Pohon) yang diluncurkan pada bulan Juli 2019 lalu.

Program ini bermaksud menggalakkan literasi bacaan sekaligus literasi lingkungan. Pohon Pustaka percaya bahwa setiap orang bertanggung jawab terhadap kelestarian alam, tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan untuk terlibat langsung pada aktivitas pelestarian.

Olehnya itu, Pohon Pustaka melalui kerangka ekoliterasi, mengambil inisiatif menggiatkan program ini. Orang-orang bisa secara tidak langsung terlibat penanaman pohon dengan cara mendonasikan buku layak baca ke perpustakaan Pohon Pustaka.

Skema program adalah setiap satu buku yang diterima Pohon Pustaka dari para donatur akan digantikan dengan menanam satu pohon.

Hingga kegiatan penaman, Pohon Pustaka telah menerima donasi buku sebanyak 350 eksemplar dari para donatur yang telah mendonasikan buku ke perpustakaan Pohon Pustaka.

Pohon Pustaka Enrekang saat melakukan penanaman Pohon di Jalur Pendakian Latimojong.

“Sebagian besar buku ini adalah donasi dari Kampung Buku, unit perpustakaan Komunitas Ininnawa Makassar, dan Perpustakaan Nasional. Selain itu, ada juga dari Anitha Maulidyah, Nasrul Todana, dan Wahyu Chandra, terimah kasih atas donasinya, atas itu program ini bisa dapat terleksana, penanaman kali ini mulai dari jalur Desa Pepandungan hingga ke Pos 1,” Kata Darwin, Pengelolah Pohon Pustaka Enrekang.

Kegiatan penanaman dikelola oleh PALM Indonesia, lini kepemudaan di Pohon Pustaka.

Komunitas petualang ini bertanggung jawab mulai dari menyiapkan bibit, distribusi, hingga penanaman di lokasi.

PALM menyiapkan bibit sebanyak 545 batang. Ada dua jenis bibit pohon yang disiapkan yaitu mahoni dan ekaliptus, diperoleh dari Persemaian Permanen BPDASHL Jeneberang Saddang, DKLHK Sul-Sel, dan Toraja.

Program One Book One Tree ini juga akan terus berlangsung, artinya Pohon Pustaka siap menerima donasi buku dan akan melakukan penanaman serupa di waktu-waktu yang akan datang. (UP/IU)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + 1 =

News Feed