oleh

Ombas, Dari Tukang Pemotong Rumput Hingga Calon Bupati Toraja Utara 2020

TORAJA UTARA – Salah satu Bakal calon Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, niatnya maju dalam Pilkada Toraja Utara tahun 2020 mendatang.

Diketahui Yohanis Bassang memulai kariernya dari Nol, usai menyelesaikan studi di UKI Paulus Makassar tahun 1997, ia merantau ke Papua di Kabupaten Mimika.

Di Mimika Ombas memulai kehidupannya dirantau dengan menjadi tukang potong rumput selama setahun.

Kemudian ia menjadi Tenaga pengajar (Guru) di Yayasnan Pendidikan swasta dan Negeri selama 3 tahun lamanya.

Disela-sela kesehariannya menjadi seorang Guru, Ombas juga memanfaatkan waktu luang menjadi tukang ojek.

“Sebelum ke sekolah mengajar saya ngojek dulu, bahkan rekan-rekan guru kaget liat saya,” Ungkap, Ombas didepan awak media saat ditemui di kediamanannya di Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara, Jumat (7/6/2019) malam.

Usai 3 tahun menjadi tenaga guru di salah satu Yayasan Pendidikan di Mimika, Ombas kemudian menjadi Dosen luar biasa di perguruan tinggi swasta membawakan mata kuliah Ekonomi.

Sementara perjalanan Ombas dalam birokrasi dimulai ketiga lulus menjadi pegawai negeri Sipil di BKKBN Mimika.

Tahun pertama menjadi pegawai BKKBN, Ombas langsung dipromosikan menjadi Kepala Seksi di tempatnya bekerja.

Berkat keuletan dan kerja keras yang penuh tanggung jawab, Dua tahun di BKKBN, karir Ombas pun langsung menjelit dan diangkat menjadi Kasubag Anggaran di bagian Keuangan Pemda Mimika.

Hari-hari disibukkan dengan berbagai pekerjaan yang cukup menguras tenaga dan pikiran, 2 tahun tidak teras Ombas kemudian diangkat menjadi Kepala Bagian Keuangan di Pemda Mimika.

Lima tahun menduduki jabatan tersebut, akhirnya Kabupaten Mimika berhasil memperoleh status Wajar Dengan Pengecualian dan Wajar Tanpa Pengecualian, sebelumnya status predikat itu belum pernah diraih kabupaten Mimika.

“Akhirnya kami bisa meraih predikat WDP dan WTP, yang sebelumnya tidak pernah kami raih,” Kata Ombas.

Akhirnya Ombas juga ikut dalam Pilbup Mimika untuk membangun daerah kabupaten mimika.

Eltinus Omaleng dan Yohanis Bassang, ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati bersama 10 pasangan calon lainnya dalam Pilbub Mimika 2013.

Omaleng-Bassang mendaftar melalui jalur perseorangan, Pasangan ini kemudian urutan kedua dalam pemungutan suara yang digelar pada 11 Oktober 2013 dengan meraih 39.611 suara atau 21,95%.

Oleh karena tidak satupun pasangan calon yang meraih 30% suara, pemilihan bupati harus melewati putaran kedua.

Sempat mengalami penundaan, pemungutan suara putaran kedua kemudian digelar pada 31 Mei 2014.

Pasangan calon yang bertarung adalah Abdul Muis – Hans Magal dan Eltinus Omaleng – Yohanis Bassang.

Pada rapat pleno KPUD Mimika pada 7 Juni 2014 di Gedung Eme Neme Yauware Timika, pasangan calon Eltinus Omaleng – Yohanis Bassang ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dengan raihan 100.849 suara atau 53,71%.

Eltinus Omaleng dan Yohanis Bassang kemudian dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mimika periode 2014 – 2019 pada 6 September 2014 di Graha Eme Neme Yauware oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Dengan Keprihatinan dan kepedulian untuk tanah kelahirannya Toraja Utara, Ombas bertekad untuk maju di Pilbub Toraja Utara 2020.

Kebersihan, Pendidikan, dan Kesehatan kelak akan menjadi prioritasnya membangun Kabupaten Toraja Utara untuk lebih baik.

“Niat saya maju pada Pilbub Toraja Utara, di papua saya bisa membangun Mimika dan saya juga akan membangun Toraja Utara dengan penuh disiplin,” Tutupnya. (UP/IU)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 5 =

News Feed