oleh

Keluarga Besar Tongkonan Sa’ku Di Rantebua Hibahkan 3,6 Ha Tanah ke TNI AD

TORAJA UTARA – Keluarga besar Tongkonan Sa’ku, di Lembang Sumalu, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, hibahkan tanah adat kepada TNI AD, Senin siang (9/3/2020).

Penyerahan hibah tanah adat ini dilakukan keluarga besar Tongkonan Sa’ku kepada Danrem 142 Tatag diwakili Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zaenal Arifin.

“Hibah tanah adat ini kami lakukan secara ikhlas sebagai wujud kecintaan kami kepada NKRI, karena TNI adalah salah satu penjaga NKRI, dan keluarga besar juga berharap TNI bisa memanfaatkan dengan baik,” kata Kepala Lembang Sumalu, Lungan Tandirura, yang juga keluarga dari Tongkonan Sa’ku ini.

Dandim 1414 Tana Toraja, terimah Surat Akta Hibah dari Pihak Keluarga Besar Tongkonan Sa’ku’ yang diserahkan oleh H. Abdul Hafid Pasiangan, di Pelataran Tongkonan, Senin (9/3/2020).

Tanah adat yang dihibahkan yakni untuk lapangan tembak dan bumi perkemahan seluas 3,5 hektare, Pos Koramil seluas 1500 meter persegi, dan Mesjid seluas 1800 meter persegi.

“Semoga dengan hibah tanah ini juga bisa membantu pembangunan di Lembang/Desa yang ada diperbatasan Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu,” ungkap Lungan Tandirura.

Sementara Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zaenal Arifin, menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah tanah dari masyarakat Lembang Sumalu dan terkhusus bagi keluarga besar Tongkonan Sa’ku.

“Atas nama Kodam XIV Hasanuddin dan Korem 142 Tatag kami sangat bersykur atas hibah tanah untuk lapangan tembak, dan pos Koramil dari keluarga besar Tongkonan Sa’ku,” ungkap Letkol CZI Zaenal Arifin.

Letkol CZI Zaenal Arifin, juga menyampaikan TNI akan tetap terus membangun kerja sama dengan masyarakat di daerah perbatasan ini.

Foto bersama Keluarga Besar Tongkonan Sa’ku’ dengan Dandim 1414 Tator, Kepala Lembang Sumalu, Camat Rantebua dan Kapolsek Sanggalangi, Senin (9/3/2020).

“Selain lapangan tembak, tanah yang dihibahkan ini akan kami jadikan bumi perkemahan Saka Wirakartika, dan komitmen kami akan terus kembangkan kerjasama dengan masyarakat di daerah perbatasan ini. Yakin daerah ini akan ramai,” ucap Dandim 1414 Tana Toraja.

Dalam acara pemberian hibah tanah juga dilaksanakan proses adat penerimaan Letkol CZI Zaenal Arifin, sebagai anggota keluarga besar Tongkonan Sa’ku.

Pihak Keluarga besar Tongkonan Sa’ku yang diwakili H. Abdul Hafid , dan Tangke Lobo, mengatakan hibah tanah adat kepada TNI ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi rumpun keluarga besar Tongkonan Sa’ku.

“Dua catatan sejarah bagi kami keluarga Tongkonan Sa’ku yakni menghibahkan tanah adat bagi TNI dan menerima Letkol CZI Zaenal Arifin sebagai anggota keluarga besar Tongkonan Sa’ku,” ucap H. Abdul Hafid Pasiangan dan Tangke Lobo.

Hadir menyaksikan penandatangan hibah tanah adat ini Camat Rantebua Elias Madi, Kapolsek Sanggalangi Iptu Ketut Adiasa, Danramil 1414-05 Sanggalangi Kapten Inf. Y. Palallo, Ketua PHRI Toraja Utara Yohan Tangkesalu, para tokoh adat dan masyarakat di Lembang Sumalu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − seven =

News Feed